1000 Candi Lembah Tumpang Resort, Malang Hits!


Hi,

Aku mau cerita sedikit nih pengalaman aku ke LEMBAH TUMPANG
AlamatJl. Slamet Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Slamet, Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156

Lembah Tumpang tempatnya agak masuk ke dalam. Waktu itu aku pakai Google Maps dan kami dilewatkan persawahan dan per-kampungan. Tapi gak terlalu jauh juga kok dari Jalan Utama.

Harga tiket masuk berapa ?
Harga tiket masuk Rp.60.000/orang (Juli 2019), Tiket parkir Rp. 5000
Makanan ikan dan burung Rp.5000 Aku saranin kalian beli, karena pasti berguna di dalam nanti.

Singkatnya, ketika masuk kalian akan terkagum dengan suasana sejuk deretan pohon seperti sawit di kanan kiri. Jalannya pun terpasang paving sehingga terlihat sangat rapih.




Diawal masuk,
Jalannya terbagi menjadi 2 cabang kanan dan kiri. Tenang... ada petunjuknya kok. Tapi saya sarankan kalian mem-foto denah yang ada di loket itu lebih baik, karena tempatnya luas sekali dan banyak cabang.



Aku dan temanku memilih jalur kiri...
Waktu itu aku kesana jam 12 Siang, jadi mataharinya ada diatas kepala pas.
Tapi rasanya sejuk karena banyak pepohonan.

Oh iya, waktu parkir.. bapak kang parkir bilang motornya suruh bawa aja.. karena tempatnya luas.
Akhirnya kita lanjutin perjalanan pakai motor.


Tapi, kalau naik motor.. kalian bisa kelewatan beberapa spot foto..

Akhirnya waktu itu motornya aku parkir, lalu aku jalan-jalan disekitarnya.
Karena sudah disediakan juga jalan khusus untuk pejalan kaki. 
Dan area parkir juga ada di setiap sudut.





Nah langsung aja.. ini beberapa spot foto dan kolam yang aku telusuri







Kalau kalian masuk lagi, kalaian akan dapat spot lagi...
Dengan gazebo besar dan kolam ikan yang lebih besar..








Masih berkeliling lagi.. sekarang kita putar putar di area candi utama..
Candinya tuh beneran kayak asli candi jaman dulu..

Padahal.. itu adalah buatan manusia..






Nah ini tampak depannya...

Kalau tadi aku bilang sejuk karena banyak pohon, area candi ini panas banget guys...
karena seperti altar tanpa pepohonan..
Jadi, kalau kesana siang-siang bawa payung atau pakai topi ya..

Dan... suasanya bener-bener kayak di kawasan Candi Borobudur gitu..







Kalian bisa lihat kan, betapa panasnya.... Temen aku foto aja sampai nyrengit nyrengit gitu.. Hehe
Oh iya didepan Candi, ada 2 gazebo besar nuansa Jawa.
Dan kita boleh duduk-duduk ngerumpi disitu.


Nah, kita naik candi yukkk....
Mulai dari lantai satu ya.
Kalian bakal ketemu sama Naga ..




Naik ke lantai 1, itu masuk kedalam Candi...
Dan... dalamnya masih kosongan..








Naik lagi lantai tiga yuk..
Sama aja sih, dalmnya kosongan gitu, dan pemandangannya lebih luas.





Naik lagi yuk ke lantai 4..
Disana ruangannya semakin kecil.. dan itu lantai terakhir yang bisa di naiki..

Dan tentunya makin tinggi.. bahkan karena aku takut ketinggian jadi sedikit mual akhirnya turun.





Aku gatau sih itu betul apa enggak ya urutan lantainya.. Hehe..

Dan ini, penampakan samping-samping si Candi..






Sekarang kita ulas kolam renangnya ya...

Kolam renangnya yang aku tau ada 3 Area..
Tapi masih banyak kolam renang kecil-kecil lainnya di sudut-sudut.







Sekarang lanjut..
Kita Menuju candi yang lebih wow...

Candi ini, jadi tempat favorit untuk foto, dan kalau sore ada lampu yang nyala di setiap tangga loh guys.. Waktu itu jam 3 sore lampu sudah nyala..


Selain Candi ini, adalagi spot foto favorit

Yaitu... Candi berjajar..




Gimana? Banyak banget kan spot fotonyaaaa ?
Masih ada lagi... Spot Air terjun...
Awalnya aku kira Air terjun yang Wow... ternyataaa...

Ya emang, ini air terjun siihhh... Hehe..






Oh iya, Disini ada River Tubing.. Fliying Fox.. dan Dino Park
Tapi.... waktu aku kesana, semua masih belum beroprasi... Jadi aku gatau harga tiketnya.


Tempat ini luuuuuuassss banget, aku kagum dengan designernya..
Seperti sudah dipikirkan dengan sangat matang...
Dan dipikirkan setiap detail, kebutuhan, dan keindahan jangka panjang.

Saat ini saya bersyukur tempat ini masih rindang dan asri.. Belum ramai pengunjung juga.
Lihat beberapa bulan lagi, semoga para pengunjung bijak dan tidak merusak dan mengotori fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan.

Masih jadi favorit, ngasih makan ikan dan burung ini jadi favorit aku selama disana..
Gak menyesal sih, beli makanan ikan di loket pintu masuk tadi.








Sekarang... kita jalan-jalan yuk...
Karena banyak banget dan luas banget aku gak bisa jelasin satu satu...
Hehehe..












Oh iya... kalau ngomongin jalan-jalan..
Karena terlalu luas aku saranin bawa Minum dan snack ya..

Sebenernya disini banyak cafe, dan semacam kantin.
Tapi... harganya agak kurang Wajar...
Ya... Namanya juga tempat wisata, harganya pasti diatas  rata-rata ya, jadi jangan kaget nanti disana.

Kantin, Cafe, dan pusat oleh-olehnya pun diatur dengan jarak yang cukup jauh.
Namun, sesuai kebutuhan lokasi.
Seperti didekat kolam renang, dan beberapa candi utama.



Oh iya.. Lembah Tumpang Resort ini sangat asri.. karena kanan kiri masih seperti Lembah, atau hutan..
Masih banyak bambu, pohon pisang di beberapa area..
Bahkan... mereka terlihat seperti akan memperluas area resort, kabarnya mau dibangun hotel juga disana.

Mereka tidak merusak, mereka hanya memperbaharui lingkungan ?
Betul tidak ? dari pada membuat perumahan.

Tiket IDR60.000 menurutku gak sia-sia sih..
Karena spot foto yang banyak, BTW bisa buat foto Pre-wedding bagus banget loh itu.
Kolam renang pun bagus, air bersih, dan sejuk..

Kamar mandi ada disetiap sudut, dan tentunya bersih semua.
Oh iya, petugas kebersihannya disana ada banyak lo.
Disetiap sudut, seperti bersihin dedaunan jatuh, membersihkan kolam ikan, dan membersihkan lingkungan sekitar..
Jadi bersih banget tempatnya..





Oh iya, waktu aku kesana.. itu masih ada tahap pembangunan beberapa area..
Jadi kedepannya Lembah Tumpang pasti akan lebih besar.

Bahkan, ada beberapa titik memang masih dalam kondisi konstruksi, jadi berhati-hati kalau dalam keadaan sepi ya.





Semoga tempat-tempat seperti Lembah Resort semakin banyak
Selain memperindah lingkungan, mereka juga memberikan mata pencaharian untuk orang-orang sekitar, dan mereka juga bisa memberikan pekerjaan untuk orang-orang sekitar.

Aku juga sampai sekarang masih kagum dengan setiap patung-patung yang ada disana, perpaduan badan, kepala dan wujud patung sangat beragam.
Siapa penciptanya ???

Yang penting.. selamat berkelana di dunia Lembah Resort.
Ingat, jangan merusak ya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram