Berapa Biaya Nonton Konser Kpop Dari Luar Kota Jakarta?



Hi, aku mau cerita sedikit...
Pengalaman-pengalaman aku nonton konser kpop di Jakarta.
Aku tinggalnya di Malang, jadi biaya untuk nonton konser ke Jakarta pasti lebih besar dari pada mereka-mereka yang tinggal di Jakarta.

Kalau ga salah seingat aku, aku habis 6 Juta lebih untuk 1x nonton konser?
HAAAAA? SEBANYAK ITU ??
Iya, akupun kaget sesampainya di Malang.

Coba kita check ulang yah... Sambil aku cerita-cerita sedikit..

Jadi, aku adalah seorang karyawan swasta. Aku seorang Grafis Designer di Malang pada waktu itu, degan gaji yaa... UMR Malang 2018 pada saat itu. Dengan tunjangan hampir separuh gaji UMR ku.
Aku bekerja sejak umur 18 Tahun. Ya, aku hanya lulusan SMK..

Lanjut, awal aku suka Seventeen tahun 2016 era boom-boom.
Aku udah jadi Kpoper itu dari tahun 2012 Sejak jaman EXO dan biasku pertama kali itu Chen hingga 2015. Lalu pada masa itu, EXO jarang muncul karena sibuk konser dan tour, hal itu bikin aku bosen sama Chen... Dan... munculah si THE8 di Seventeen. Ibaratnya, aku lagi LDR sam Chen lalu Chen sibuk ga kasih kabar padahal aku lagi butuh banget perhatian, nah si The8 ini muncul kasi perhatian ke aku. Ehe.

Karena mereka masih baru jadi mereka masih gencar-gencarnya promosi di stasiun TV.
Ternyata, aku makin bucin.. dan sering bikin story di instagram. Eh temen-temen aku ternyata banyak yang jadi CARAT duluan (sebutan untuk fans Seventen)
Bahagia banget punya temen yang bisa diajak bucin bareng. Ehe.

Lanjut lagi,
Sudah bucin selama 2 Tahun, Aku nabung nih guys..
Karena ada rumor gitu kalau Tahun 2018 Seventen bakal mampir Indo.
Dulu kabar itu berbarengan juga sama EXO dan TWICE mampir Indo, aku inget banget.
Tapi yang EXO cuma hoax ternyata. Ehe.

Akhirnya Mecimapro.. kasih info kalau Seventeen bakal ke Indo tanggal 16 September 2018



Waktu itu aku galau banget, Nonton gak ya... karena ak juga kerja hari Senin-Sabtu..
Dan kebetulan acaranya Minggu malam.. dan aku mikir mau nonton atau enggak itu kira-kira sebulan..

Akhirnya aku memutuskan untuk Nonton.. dan waktu itu temen-temenku dari Malang gak ada yang bisa diajak nonton akhirnya aku mutusin nonton sendirian. Ya, bener-bener sendiri.

Pertama kalinya, aku browsing Hotel Terdekat ICE BSD, cara menuju ke ICE BSD, dan akhirnya pilih taxi online karena lebih aman. Hahahaha.

Dan ini aku ceritakan per-point aja yah ..

1. Keberangkatan :
Waktu itu aku naik pesawat gaes, karena aku sabtu kan masih kerja setengah hari.. jadi aku bisa ke jakarta pas sore/malam.Waktu itu aku naik Lion Air jam 19.45



Tapi penerbangannya delay dari Surabaya kita baru berangkat jam 21.00 .. Sampai di Jakarta sekitar jam 22.20 dan malam itu Terminal 3 lagi ruuuuame banget karena Member SVT malam itu juga baru sampai jakarta.. jadi aku dan member SVT tadi sama-sama lagi diatas langit gitu hehe.

Oh iya, kenapa aku terbang dari SUB? karena di Malang gak ada penerbangan malam, kalau gasalah terakhir itu jam 15.00 sekitar jam segitu lah,

Untuk harga tiket pesawat SUB - CGK seinget aku Rp 525,000

2. Dari bandara ke hotel :
Waktu itu aku nginep di Hostel harian daerah Studento BSD, disana banyak banget penginepan-penginepan. Nah, aku browsing nih... taxi online (grab) sekitar 200rb an sekali jalan..
Kebetulaaan... aku dari bandara ber-lima guys, jadi yaaa... dibagi-bagi gitu kita urunan.

200rb itu belum termasuk biaya tol ya, biaya tol kita kena sekitar 70rb, itu pakai e-toll bapak drivernya

Biaya Bandara - Hostel sekitar Rp 50.000/orang

3. Hotel/Penginepan :
Aku nginep di hostel daerah Studento, aku lupa nama penginepanya, dan gak foto juga waktu itu maaf. tempatnya enak banget, bersih juga, dan pemiliknya super duper ramah.
Kalau gasalah kita check-in tanggal 15 dan Check-out tanggal 17 di hostel itu.

Jadi kita nginep 2 hari disana. biayanya sekitar 1juta 500rb..
Dengan harga 1juta 500rb kita dapat 2 kamar dengan 1 king bed, dan 3 single bed.

Oh iya, waktu itu aku sharing room ya, sharing room itu kayak kita sekamar berapa orang gitu. Kebetulan aku sharing room sama 5 orang (termasuk aku). Dan semua aku gak kenal, kita awalnya kenalan ya di twitter. Kita pun hanya dekat di chat tapi belum pernah ketemu, pertama kali berlima ketemu, ya pas dibandara.

Menginap 2 Malam di Hostel Studento Rp 300.000/orang


4. Tiket konser :
Waktu itu aku ambil Pink B.. harganya Rp 2,400,000
Nah, karena aku mager banget yang namanya War Ticket.. Dan gabisa nukerin tiket fisik H-1, jadi aku mutusin untuk JASTIP.. biasanya fee-nya itu 100rb

Eh temen sharing room aku ada yang member mecima, ya kalian taulah member mecima itu banyak benefitnya.. termasuk PASTI DAPAT TICKET-nya..

So, aku jastip ke dia dengan fee 200rb, lebih mahal emang.. tapi aku dulu engga mikir sampai situ, yang penting dapet, gitu aja udah.

Tiket Konser Pink B Rp 2,600.000

5. PP Hotel - Hall :
Seinget aku karena sebenernya dari HOTEL ke HALL ICE itu gak terlalu jauh mungkin sekitar 20rb an ya... kalau PP jadi 40rb

PP Hotel - ICE Rp 8,000/orang

5. Makan Selama di Jakarta :
Habis dari bandara, kita berlima langsung order MCD, karena disana susah banget cari makanan dan swalayan yang buka apalagi kita order makanan itu jam 3 pagi. Jadi kita order Go-food. Nah, karena besok paginya kita harus berangkat pagi, akhirnya kita mutusin untuk beli double satu dimakan malem, satu dibuat bekal besok pagi.

Seinget aku 1 orang total 55rb untuk MCD  2 paket PANAS 1, kita pakai promo go-pay.

Terus didalam Hall, kita makan lagi.. beli didalem venue, kayak rice bowl gitu.. 1 bowl isi nasi dan potongan sosis dikasih saus harganya 50rb :') waktu itu kita beli 2 macem. itu untuk dibagi kita bertiga aja (Pink B area)

Air Mineral harganya 10rb, ini di dalam Hall ya. waktu kita nunggu pintu dibuka.

Pulang nonton konser, kita mutusin beli Mie Instan lagi-lagi via Go-mart karena emang kita pesennya itu jam-jam lewat tengah malam, jadi warung dan swalayan banyak yang tutup.
2 Mie instan dan 1 telur ditambah ongkir abang go-mart kisaran 20rb.

Biaya makan selama di Jakarta Rp 118,000

6. Biaya tambahan :
Nah, waktu itu aku pernah handcarry Uchiwa, Image Picket harganya 180rb an. Kita COD di Jakarta untuk barang itu, yang kebetulan juga temen sharing room aku.

Dan.. yang paling bikin kesel adalah........ di Hari H, waktu aku buka LS, tempat batreinya gak ada :(
Sampai aku dibantu temen-temn lain nyari seluruh kamar, dan tas mungkin aja keselip.

Tapi aku gak ketemu, akhirnya aku Whatsapp orang rumah.
"Ma, lihat ini ga?" , gak lama dibales ternyata LS aku habis dibongkar-bongkar sama adekku, dan tempat batreinya itu dikeluarin. Jadi intinya LS aku itu hampa ksong karena tempat batreinya ketinggalan di Malang !

Sedih banget aku, akhirnya aku mutusin dengan uang pas-pasan. Aku beli unofficial LS yang harganya skeitar 450rb. Unoff itu yang warnanya gabisa berubah-berubah atau connect bluetoth.

Aku beli LS seharga 450rb cuma untuk diambil tempat batreinya aja, sedih banget gak.. bahkan ini masih dibawa-bawa di Group Chat sampe sekarag.

Biaya tak terduga Rp 630,000

7. Biaya pulang :
Lansung aja, perjalanan pulang aku sendirian ke bandara naik Grab car, kena sekitar 250rb.
Tiket pesawat balik Malang hampir sama dengan tiket berangkat dari SBY ke JKT. aku langsung pilih bandara ABD Malang. Jadi CGK -MLG sektar 525rb.
Biaya Taxi Bandara ke rumah 100rb


Biaya pulang Rp 875,000

Nah, sekarang totalnya adalah Rp 5,106,000 ternyata... tapi belum termasuk biaya-biaya makan dibandara, atau jajan perjalanan pulang, oleh-oleh dan merchandise di acara konser. Yaaaa mungkin totalnya berubah jadi Rp 5,500,000 . Boros banget yah T.T iyaaa.. kerasa banget, dan waktu itu Alhamdulillah emang lagi ada rejeki, jadi gamasalah habis segitu. Toh uang sendiri kan :)


Tapi sedih banget, harusnya bisa lebih low lagi sih untuk biayanya.

Jadi, nonton yang kemarin ini aku jadikan pengalaman untuk konser aku selanjutnya. Supaya aku bisa lebih hemat budget lagi.. Dan, aku ada beberapa tips yang bisa kalian terapin sebelum kalian nonton konser :)

Tips - Tips :

1. Gak harus naik pesawat !!! Untuk menghemat biaya keberangkatan dan kepulangan kalian bisa naik kereta atau Bis. biasanya temen-temen aku dari Malang naik Kereta malam, dan sampai dijakarta esok paginya. Kalau aku naik pesawat waktu itu kan karena aku dalam kondisi masih ada jam kerja. TAPI.. kalau kalian memang ada uang lebih, bolehlah naik pesawat.

2. Untuk penginepan, kalian bisa sharing room kayak aku. Dimana kita bisa dapat Roomate (Teman sharing room) ? Kalian bisa dapet di comment Postingan Mecima, atau di twitter. Kalian bisa chat "Hay, aku dari Malang.. ada yang mau sharing room gak?" atau "Ada yang dari Malang?" biasanya mereka akan nawarin kamar-kamar mereka yang masih bisa diisi atau mereka-mereka yang Roomatenya masih kurang.


3. Untuk makan, sebisa mungkin kalian prediksi tempat kalian. Apakah jauh dari swalayan dan toko.. Jadi sebelum kembali ke hotel mngkin kalian bisa beli makan di dekat venue dahulu. Kalau-kalau memang hotel kalian jauh dari toko seperti aku.


4. PLEASE!! Check Lightstick kalian, batrei kalian, dan lain-lain. Karena sayang banget kalau kejadian kayak aku, LS ketinggalan :')


5. Sebaiknya kalian sedia e-money / e-toll. Untuk apa?? jadi.. sewaktu dari bandara ke hostel, kita sempat merasa ditipu sama drivernya.. Karena waktu itu memang kita semua kondisi tertidur, jadi kita gak ada yang tau disetiap gerbang toll bapak drivernya bayar berapa.



So, sebenernya masih banyak lagi tips-tips supaya kalian bisa lebih hemat selama konser.

Yaaa.. mungkin lain waktu bisa aku share lagi :)

Thanyou guys, enjoy the show !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram